Gaya Mengingat

Coba ingat kembali saat-saat upacara kelulusan SMU kamu, manakah gambaran yang paling jelas kamu ingat saat itu?




Jawaban

a. Wajah kepala sekolah menyerahkan ijazah dan menyalami kamu: Kamu memiliki kemampuan khusus untuk mengingat wajah dan nama. Meski baru sekali bertemu dengan seseorang, ketika bertemu lagi, kamu masih bisa mengingat namanya dengan jelas. Dan itu adalah kemampuan yang membuat kamu bisa berteman dengan seseorang yang sebelumnya tidak pernah kamu kenal sama sekali jadi seperti teman yang berharga.

b. Spanduk bertuliskan “Selamat Kepada Kelas Angkatan XXXX”: Kamu punya ingatan yang baik dalam hal angka —ulang tahun, nomor telepon, skor futsal kamu—. Kamu mungkin tidak ingat nama orang yang makan siang bersama kamu seminggu yang lalu, tapi kamu bisa ingat berapa rupiah harga makanan yang kamu bayar saat itu. Kemampuan ini memberi kamu reputasi sebagai orang yang serius dan dapat diandalkan.

c. Barisan siswa yang berdiri bangga dengan topi dan baju kelulusan: Kamu tidak bisa mengingat dengan baik ketika mengenang suatu pertistiwa secara detail. Tapi kamu hampir dapat mengalami perasaan yang sama seperti saat itu walaupun ingatan tentang peristiwa itu tidak detail. Ini membuat kamu dapat mengulang dan menikmati kenangan bahagia tersebut secara terus-menerus. Efek buruknya, itu juga berarti bahwa kamu memiliki sedikit kesulitan di dalam memaafkan dan melupakan peristiwa yang menyakitkan atau setelah kamu disakiti oleh orang lain.

d. Parade kelulusan: Bagi kamu, kenangan visual terasa menghilang dengan cepat. Hal-hal yang kamu alami dan katakan disimpan dalam data permanen dalam otak kamu. Ketika kenangan suatu peristiwa memudar, yang kamu butuhkan adalah memutar musik yang diputar juga pada saat itu untuk membuat kamu ingat kembali pada kenangan itu.


Jawabanku Saat Pertama Kali membaca Soal Ini

c. Barisan siswa yang berdiri bangga dengan topi dan baju kelulusan.